RSS

TULISAN 1


Wujud-wujud Kebudayaan

Budaya adalah cara hidup atau kebiasaan yang dimiliki sekelompok orang dan di wariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak sekali unsur seperti agama, politik, bahasa, karya seni dan lain lain. Setiap orang tidak akan lepas dari budaya di keluarganya masing-masing pasti memiliki budayanya sendiri. Budaya bersifat abstrak, kompleks, dan luas.
Wujud-wujud budaya sendiri adalah bentuk nyata dari kebudayaan. Contoh wujud budaya adalah seperti ide-ide pengetahuan, kehidupan, dan benda hasil budaya. Saya sendiri di sini akan memberikan sedikit wujud-wujud kebudayaan dari daerah saya.
Malang adalah kota yang terletak di jawa timur. Banyak wujud-wujud kebudayaan yang berasal dari Malang. Malang memiliki kesenian tradisional yaitu wayang topeng. Namun tradisi ini sekarang sudah jarang di temukan. Di kota ini sendiri terdapat juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, Sendra tari dan lain lain. Kota malang ini juga memliki makanan khas yaitu BASO MALANG. Makanan khas malang ini sudah menjadi kuliner yang terkenal di indonesia. Aktivitas kehidupan di kota ini sangat baik. Orang malang terkenal dengan keramahannya. Bahsa yang di gunakan di malang sendiri adalah bahasa jawa timur yang sedikit lebih kasar di bandingkan jawa tengah. Mungkin untuk benda hasil budayanya sangat sediki.
Itulah sedikit pengertian wujud-wujud kebudayaan dan contoh kebudayaan daerah Malang Jawa Timur.




0 komentar:

Posting Komentar