RSS

IBD 2



MANUSIA DAN CINTA KASIH

A.    Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) saying (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehinga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.

Walaupun cinta kasih mengandung arti hamper bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.
Dalam bukunya seni mencinta, Erich Fromm menyebutkan, bahwa cinta itu terutama memberi, bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan. Yang paling penting dalam memberi ialah hal-hal yang sifatnya manusiawi, bukan materi. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan. Pada pengasuhan contoh yang paling menonjol adalah cinta seorang ibu pada anaknya; bagaimana seorang ibu dengan rasa cinta kasihnya mengasuh anaknya dengan sepenuh hati. Sedang dengan tanggung jawab dalam arti benar adalah sesuatu tindakan yang sama sekali suka rela yang dalam kasus ibu dan anak bayinya menunjukkan penyelenggaraan atas hubungan fisik. Unsur yang ketiga adalah perhatian diri sebagaimana adanya. Yag ke empat adalah pengenalan yang merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia. Dengan ke empat unsur tersebut, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan, suatu cinta dapat dibina secara lebih baik.

















B.     Pengertian Kasih Sayang

Dalam buku Ilmu Budaya Dasar yang ditulis oleh Yulia Budiwati, dijelaskan mengenai pengertian kasih sayang, cinta, kemesraan, dan pemujaan.
Kasih sayang adalah satu istilah yang konotatif, dan tidak denotatif. Akan tetapi ia tidak akan muncul dan berkembang tanpa adanya kehendak sesuatu pihak yang memberikannya. Sebelum kita memberi kasih sayang kepada orang lain, sayangilah diri anda sendiri terlebih dahulu dengan mencerminkan akhlak dan moral yang baik.
Kasih sayang ini sadar atau tidak, menuntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka masing-masing pihak sehingga antar keduannya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.



Rasa kasih sayang adalah Rasa yang timbul dalam diri hati yang tulus untuk mencintai, menyayangi, serta memberikan kebahagian kepada orang lain , atau siapapun yang dicintainya. Kasih sayang diungkapkan bukan hanya kepada kekasih tetapi kasih kepada Allah, Orang Tua, keluarga, Teman, serta makhluk Lain yang Hidup dibumi ini.
Dalam makna lain Kasih Sayang adalah rasa yang didamba setiap insan di dunia, kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, sebaliknya kasih sayang seorang anak kepada Orang Tuanya. Kasih sayang akan muncul ketika ada perasaan simpatik dan iba dari dalam diri kepada yang dikasihi, namun kemunculan kasih sayang sangat alamiah dan tidak bisa dibuat-buat atau direkayasa. Setiap insan ingin dirinya disayangi, maka sayangilah orang lain juga. karna dengan merasakan sayang itu setiap insan dapat merasakan kebahagian yang hakiki. apabila sifat sayang mulai luntur dan sifat dendam, kebenciannya lebih besar maka akan menjanjikan kehancuran kepada sesuatu bangsa atau masyarakat.
Sering kali kita mendengar orang berkata bahwa " kasih sayang itu tidak pernah menuntut dan akan menerima apa adanya " ya memang benar begitulah, bahwa kasih sayang itu bisa menerima apa adanya. Tapi Nilai seperti seperti itu harus kita Letakkan pada Tempatnya, yaitu dalam batin kita sebagai Dasar Utamanya .  Begitu juga dengan palajaran dalam kehhidupan ini, kita ambil hikmahya saja untuk menyayangi kehidupan yang kita miliki ini.
  Kesimpulannya Hidup akan terasa indah apabila selalu saling memberi kasih dan saling menyayangi tanpa memandang perbedaan. makna dari kasih sayang tersebut ialah selalu berbuat yang terbaik baik itu hubungan antara kita dengan Tuhan, Manusia, alam dan Makhluk hidup lainnya didunia ini.


C.     Pengertian Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab.kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.





D.    Pengertian Pemujaan

Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan atau tempat memuja kepada dewa – dewa atau berhala. Dalam perkembangannya kemudian pujaan ditujukan kepada orang yang dicintai, pahlawan dan Tuhan Yang Maha Esa. Pemujaan kepada Tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan, karena merupakan inti , nilai dan makna dari kehidupan yang sebenarnya. Cara pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan.


E.     PENGERTIAN BELAS KASIHAN

Suatu pernyataan perhatian yang baik hati atau rasa kasihan yang memberikan kelegaan kepada orang-orang yang tidak beruntung; keibaan hati yang lembut; selain itu, kadang-kadang, peringanan hukuman.
Belas kasihan sering kali adalah terjemahan dari kata Ibrani ra·khamim′ dan kata Yunani e′le·os (kata kerja, e·le·e′o). Dengan memeriksa kata-kata ini dan penggunaannya, kita dibantu untuk mendapatkan makna dan nuansa artinya yang lengkap. Kata kerja Ibrani ra·kham′ didefinisikan sebagai ”bercahaya, mempunyai perasaan hangat karena emosi yang lembut; . . . beriba hati”. (A Hebrew and Chaldee Lexicon, diedit oleh B. Davies, 1957, hlm. 590) Menurut seorang leksikograf bernama Gesenius, ”Gagasan utamanya tampaknya terletak pada tindakan menyayangi, menenteramkan, dan pada keadaan emosi yang lembut.” (A Hebrew and English Lexicon of the Old Testament, diterjemahkan oleh E. Robinson, 1836, hlm. 939) Kata ini berkaitan erat dengan kata untuk ”rahim” atau dapat memaksudkan ”usus besar”, yang terpengaruh sewaktu seseorang mempunyai perasaan yang hangat dan simpati yang lembut atau rasa kasihan.


F.     PENGERTIAN CINTA KASIH EROTIS

Cinta erotis adalah kehausan akan penyatuan sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau untuk menenangkan suatu naluri seksual. Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Namun apabila penyatuan fisis tadi tidak dilandasi oleh cinta kasih maka hanya akan membawa pada penyatuan yang bersifat pesta pora dan sementara saja. Cinta kasih erotis, apabila benar-benar sebuah cinta sejati, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi lawan jenisnya. Cinta ini terjadi antara dua orang anak manusia berlainan jenis, yang ingin menyatukan diri mereka untuk mengisi kekosongan hidup dan sebagai teman hidup dalam mengarungi bahtera kehidupan









G.    UNSUR UNSUR CINTA KASIH

UNSUR YANG HARUS ADA DALAM CINTA, yaitu :
1.Care (perhatian).
Cinta harus melahirkan perhatian pada objek yang dicintai.
Kalau kita mencintai diri sendiri, maka kita akan memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri.
Kalau kita mencintai orang lain, maka kita akan memperhatikan kesulitan yang dihadapi orang tersebut dan akan berusaha meringankan bebannya.
Kalau kita mencintai Allah Swt., maka kita akan memperhatikan apa saja yang Allah ridhai dan yang dimurkai-Nya.

2. Responsibility (tanggung jawab).
Cinta harus melahirkan sikap bertanggungjawab terhadap objek yang dicintai.
Orang tua yang mencintai anaknya, akan bertanggung jawab akan kesejahteraan material, spiritual dan masa depan anaknya.  Suami yang mencintai isterinya, akan bertanggung jawab akan kesejahteraan dan kebahagiaan rumah tangganya. Karyawan yang mencintai perusahaannya, akan bertanggung jawab akan kemajuan perusahaannya.
Orang yang mencintai Tuhannya, akan bertanggung jawab untuk melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.Itulah Responsibility.

3. Respect (hormat).
Cinta harus melahirkan sikap menerima apa adanya objek yang dicintai,
kelebihannya kita syukuri, kekurangannya kita terima dan perbaiki. Tidak bersikap sewenang-wenang dan selalu berikhtiar agar tidak mengecewakannya.Inilah yang disebut respect.

4. Knowledge (pengetahuan).
Cinta harus melahirkan minat untuk memahami seluk beluk objek yang dicintai.
Kalau kita mencintai seorang wanita atau pria untuk dijadikan isteri atau suami, maka kita harus berusaha memahami kepribadian, latar belakang keluarga, minat, dan ketaatan beragamanya. Kalau kita mencintai Tuhan, maka harus berusaha memahami ajaran-ajaran-Nya.
Kalau empat unsur ini ada dalam kehidupan kita, Insya Allah hidup ini akan bermakna.
Apapun yang kita lakukan, kalau berbasiskan cinta pasti akan terasa ringan.
Karena itu nabi Saw pernah bersabda: “Tidak sempurna iman seseorang kalau dia belum mencintai orang lain sebagaimana dia mencintai dirinya sensiri”.
“ Cintai oleh mu mahluk yang ada di muka bumi, pasti Allah akan mencintaimu”. (HR. Muslim)


H.    BENTUK-BENTUK CINTA

Eros, asal kata ini adalah dari dewa mitologi Yunani, Eros, yang adalah dewa cinta. Eros adalah cinta manusia semata, yg diinspirasi oleh sesuatu yang menarik dalam objeknya. Eros merupakan cinta yang tumbuh dari seseorang kepada yang lain. Misalkan, Zen suka sama gw karna gw cantik. hehe… misalkan lho, jangan sewot gituw ah. N faktor x lainnya yg

berhubungan dengan fisik sehingga menimbulkan gairah sex, seperti dalam Inggrisnya “Erotic”.
 

  Storge – Storge adalah ikatan alami antara ibu dan anak, bapak, anak-anak, dan sodara. William Barclay menyebutkan, “kita tidak bisa tidak mengasihi anak-anak dan sodara kita; darah lebih kental daripada air” (N.T. Words, 1974).
    Philia, setingkat lebih tinggi dari eros, berhubungan kejiwa daripada tubuh. Ini adalah cinta antar sahabat. Menyentuh kepribadian manusia—intelektual, emosi, dan kehendak, melibatkan saling berbagi. Cinta yg timbuh dari perhatian dan kebersamaan. Ada sedikit eros dalam philia. Kita memilih teman karena kesenangan yang bisa kita dapatkan dari mereka. Ada kualitas pribadi dalam mereka yang kita hargai, kepintaran dan ketertarikan budaya, dan ekspresi diri yang saling memuaskan.
Tingkatan kasih yg paling tinggi adalah Agape. Ini adalah kasih Tuhan, kasih yg tidak mencari kesenangan sendiri, tapi senang memberi tanpa menuntut balas. Wah, hebat Jo… klo elo bisa sampe pada tingkat ini. Btw, apakah pada semua pacar elo memberikan kasih agape? or emang elo slalu memberikan agape ke semua orang?
Cinta…terdiri dari empat aspek, yaitu: Love, trust, respect, and honest. Cinta tanpa adanya unsur Kepercayaan, Penghargaan, dan Kejujuran adalah suatu ketimpangan. Contohnya: apabila kita mencintai orangtua kita, namun kita tidak mempunyai penghargaan terhadap mereka, masihkah hal tersebut bisa dikatakan Cinta? Tentunya hanya akan menjadi hal yang sia-sia dan menyakitkan bukan…Ataupun saat kita mencintai pasangan kita, apakah itu bisa dikatakan Cinta saat hubungan itu tidak dilandasi oleh adanya rasa percaya dan kejujuran dari masing-masing pihak?



MANUSIA DAN KEINDAHAN

A.  Definisi keindahan

Keindahan berasal dari kata Indah, Keindahan adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
Herbet Read merumuskan bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat diantara pencerapan-pencerapan indrawi manusia.


Filsuf abad pertengahan Thomas Amuinos mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bilamana dilihat.
Thomas Aquinos (1225-1274) mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bila mana dilihat (Id qout visum placet).


Khalil Gibran mengungkapkan bahwa Keindahan adalah sesuatu yang menarik jiwamu. Keindahan adalah cinta yang tidak memberi namun menerima.
Menurut Baumgarten adalah Keindahan adalah keselur uhan yang merupakan susunan yang teratur dari bagian- bagian yang saling berhubungan satu sama lain, atau dengan keseluruhan itu sendiri.

Menurut The Liang Gie dalam bukunya “ Garis Besar Estetik” (Filsafat Keindahan), dalam bahasa Inggris Keindahan diterjemahkan dengan kata “Beautiful”, bahasa Perancis “Beau” , Italia dan Spanyol “Bello” , kata-kata itu ber asal dar i bahasa Latin “Bellum” , akar katanya adalah “Bonum” yang berarti Kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “Bonellum” dan terakhir dipendekkan menjadi “bellum”.
Dapat membedakan antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah
Keindahan dalam suatu kualitas yang abstrak adalah keindahan yang tak dapat terlihat secara fisik dan bersifat tidak beraturan, tetapi nilai dari keindahan itu dapat dirasakan,seperti contoh keindahan ketika merasakan angin yang berhembus. Sedangkan keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang indah adalah kebalikan dari Keindahan dalam suatu kualitas yang abstrak, dimana keindahan itu dapat dirasakan, dilihat maupun dapat dikenang selama kita mengingatnya.

Keindahan yang seluas-luasnya
Keindahan dalam arti luas, menurutThe Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. dari pemikiran Plato, yang menyangkut adanya watak yang indah dan hukum yang indah: Aristoteles yang melihat keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. Tetapi bangsa Yunani juga mengenal pengertian keindahan dalam arti estetik disebutnya “ Syimmetria”, untuk keindahan berdasarkan pengelihatan. jadi pengertian yang seluas-luasnya meliputi: Keindahan Seni, Keindahan Alam, Keindahan Moral, Keindahan Intelektual.

B. Faktor pendorong seniman menciptakan keindahan

Keindahan itu pada dasamya adalah alamiah. Alam ciptaan Tuhan. lni berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang. Kalau pelukis melukis wanita lebih cantik dari keadaan sebenamya, justru tidak indah. Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai


penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, mengenai keagungan Tuhan, dan banyak lagi lainnya. Berikut ini akan dicoba menguraikan alasan/motivasi dan tujuan seniman menciptakan keindahan.

1) Tata nilai yang telah usang
Tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat ada yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan, sehingga dirasakan sebagai hambatan yang merugikan dan mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan, misalnya kawin paksa.
2) Kemerosotan Zaman
Keadaan yang merendahkan derajad dan nilai kcmanusiaan ditandai dengan kemerosotan moral. Kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan manusia yang bejad terutama dari segi kebutuhan seksual.
Sebagai contoh ialah karya seni berupa sajak yang dikemukakan oleh W.S.Rendra berjudul “Bersatulah Pelacur-pelacur Kota Jakarta”. Di sini pengarang memprotes perbuatan bejad para pejabat, yang merendahkan derajad wanita dengan mengatakan sebagai inspirasi revolusi, tetapi tidak lebih dari pelacur.
3) penderitaan manusia
Banyak faktor yang membuat manusia itu menderita. Tetapi yang paling menentukan ialah faktor manusia itu sendiri. Manusialah yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa. serakah, tidak berhati-hati dan sebagainya.

Keadaan demikian ini tidak mempunyai daya tarik dan tidak menyenangkan, karena nilai kemanusiaan telah diabaikan, dan dikatakan tidak indah. Yang tidak indah itu harus dilenyapkan karena tidak bermanfaat bagi kemanusiaan.

4) Keagungan Tuhan
Keagungan Tuhan dapat dibuktikan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian alam. Keindahan alam merupakan keindahan mutlak ciptaan Tuhan. Manusia hanya dapat meniru saja keindahan ciptaan Tuhan itu. Seindah-indah tinian terhadap ciptaan Tuhan, tidak akan menyamai keindahan ciptaan Tuhan itu sendiri. Kecantikan seorang wanita ciptaan Tuhan membuat kagum seniman Leonardo da Vinci. Karena itu ia berusaha meniru ciptaan Tuhan dengan melukis Monalisa sebagai wanita cantik. Lukisan monalisa sangat terkenal karena menarik dan tidak membosankan.

C.  Macam – macam keindahan
Macam-macam keindahan alam di indonesia
      .Di indonesia juga banyak  tempat-tempat bagus yang bisa di kunjungi.Bahkan keindahan alamnya tidak kalah bagus dengan yang ada diluar negri.Malah kalian juga tidak perlu mengeluarkan kocek yang cukup dalam.Karna ini masih didalam negri kita sendiri.
Ada beberapa tempat yang wajib di kunjungi ketika ingin melihat keindahan Indonesia :.

Gunung Renjani,Nusa Tenggara Barat (NTB)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiB3vc9tVl0XO863Bt2tY-9tNWWyN3fOTe_PvxDYrUrLKfDZ0Ihd7tfe_hst6_xTt66y_den6lW7dUyI0P9pBC1xDeC8cuwBXtTwlCq5QGD4OH9-uybSDzpFI1wtid7uP8UrRxy-BBHd1I/s1600/Rinjani_Caldera.jpg

       Bagi kalian yang suka hiking atau naik gunung.Gunung renjani cocok tuh buat jadi salah satu jelajah kalian naik gunung.Karna Gunung Rinjani merupakan salah satu wisata alam andalan NTB dengan keindahan panaroma yang sangat indah.Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Beruntung akhir Juli ini, angin masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah, sehingga pendakian ke puncak bisa dilakukan kapan saja.













Raja Ampat Archipelago, Papua Barat ( Indonesia )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZlkC1-oejTx4ui14oCu5ORdGQUjTPPLay9rSOfEui-uUMdpomK6DGA2E7TjnE6e9g7-nmqPfavI7Upt7M5h-7TLwr6PjjXGlct4C9n3ztNq7cUutsdUohuxOHAH4K4Z6N6gxh09W5Aw4/s1600/raja-ampat-islands.jpg

       Kepulauan ini berada di daerah barat pulau papua provinsi papua barat.Tepatnya dibagian kepala burung papua.Kepulauan ini merupakan tempat dimana penyelam-penyelam dapat menyaksikan keindahan-keindahan dibawah laut yang sangat luar biasa.



Anak Krakatau Mountain, Selat Sunda ( Indonesia )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipyz2AsO_ZRJjuocWcUjSSnSk8twl0k7KweR31OS9Z8nURlFOLteoLuoaoxtUdZVSq18zJXTI1IBMtuE1M0XtehIbwTCft02mqJuWVdFS6f8nkoyqrjp6ZNxkFk-lBCT3S-BKGNRhHoFs/s1600/Fishermen-sail-in-front-o-003.jpg

       Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada salah satu puncak gunung berapi di sana karena letusan pada tanggal 26-27 Agustus 1883, kemudian sirna. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa.Tetapi tempat tersebut bisa menjadi tempat wisata alam kok.Tapi jangan kesana kalo keadaan gunung lagi gak bagus..

Gunung Bromo, Jawa Timur

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6eKV-jEDpNaxtv6pTuok9UtGXkdjimYUwkQ1nePdP1cfDfJWP0jabgMU0njcJ7rxmOBIvQSTx8pds1zwr57MQGoeLprzNM75FZ_W8xYEkq_YXglqxxzx5AVtrb09IVDxkiIaXognDvqk/s1600/Gunung+Bromo.jpg

     
  Kalau di Nusa Tenggara Barat ada wisata Gunung Rinjani di Jawa Timur terdapat gungung nan indah yang masih aktif yaitu Gunung Bromo. Gunung Bromo juga salah satu obyek wisata terbaik yang ada di Jatim.Tidak kalah bagus dengan Gunung Rinjani kok.

Gunung Semeru,Jawa Tengah

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6rT8RwNk7oK6KpHNg6GeAfdkSGRZ6yYDwAMvxyFPPSMr8aYgPr_Bv7m0WW3sFwu5yOlgu8DZeiL0ckorPeRfGFoa0v4Ofxg8OgE8aqVyNLphMJl43wzgvgO2tfwVvT9DgXTnoGHHIIus/s1600/gunung+sumeru.jpg

     



 Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi dipulau Jawa.Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl (meter diatas permukaan laut).Gunung Semeru juga memiliki puncak yang biasa disebut Puncak Mahameru, lokasi ini juga menjadi lokasi pendakian favorit setiap tahunnya oleh para Pecinta Alam atau Wisatawan lainya.

Kelimutu, Nusa Tenggara Timur ( Indonesia )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikTIWstPakJuUZpRRa4lcbdprRLT0A-4QwucHAkLbJtK8KqMSAaANn5EUQ9MeqqKY9kD7AjNDj2kXbf89z_BsCyVzMf4DVd5S6FUrKRizRWSQTH5wTs39ZqJWYPJ97MofMlkDnLJPL60c/s1600/keindahan-alam-Danau-Kelimutu.jpg

       Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa pemo Kecamatan kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.Mantep kaga tuh ada danau yang bisa berubah warna udah kaya bunglon.




Danau Toba, Sumatera Utara

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIdeGqVTqUYQxPYr5vJTmbVNfFMR4ZTL-2JJr98-VV3tfyJ0aIfPeDDy2nD-74htJPDpye7JMsK2ifjmDTF-zVX8fZCt-s0lZ_NRTzeIrTd3vz1zxH0tMowoF1AOzaKs-XgoQJpkXAZu0/s1600/Lake+Toba.jpg

       Kalau Danau Toba pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kalian. Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer (danau vulkanik terbesar di dunia). Yang paling mengagumkan adalah Di tengah danau Toba ini terdapat satu pulau yang berpenghuni yaitu Pulau Samosir.Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis.Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Dari Parapat, Tuktuk dapat dihubungkan dengan feri penyeberangan. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat


melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba-Samosir.Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau di atas danau".

Green Canyon,Jawa Barat ( Indonesia )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEit_y5TVMhSQVYjBedh8cfsMSXGOkaryPGC1a7XgOgHPQlPawcx1n9kQoONkQiL8fxT_s6yoAER7OPnXYyry3-nEfB2TLnnhZkzS-ww7rMBNjfkYwpkcblrbhnI73Gq5x4GQ-XVb06fJuE/s1600/Green-canyon-.jpg

       Siapa yang tidak mengenal Green Canyon? Itu adalah salah satu primadona wisata di pesisir Selatan Jawa Barat. Tempat wisata dengan tebing-tebing gagah dan bernaung pepohonan rindang yang mengapit Sungai Cijulang ini memiliki nama asli Cukang Taneuh atau jembatan tanah. Nama ini berasal dari satu bagian tebing di hilir sungai yang menyatu sehingga tampak seperti jembatan.Dan, sejak ditetapkan sebagai objek wisata pada tahun 1991, Green Canyon ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Karena melihat besarnya minat
masyarakat itulah maka beberapa bulan terakhir disediakan sebuah kegiatan wisata yang unik. Jadi, bila biasanya pengunjung datang dan diajak menyusuri keindahan Green Canyon dengan perahu, kini hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berbeda yang lebih menantang, yakni dengan body rafting atau menghanyutkan diri dari arah hulu dan mengapung mengikuti arus Sungai Cijulang, Ciamis. Dijamin seru abis!

Belitung Island,Bangka Belitung ( Indonesia )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBA0ZN3U8wXnuKxtl6yxPONUMkZBBb0LbiSbQNsQEY2-tY6DmRO1qgKV79EEGmRgHtidlFkhtg4lKBCuNpKrpSjZX8DcH_wNjF-PKKAvDAKY3qXHFZSrlz9SBbjXEQqdXWXOmdgcH8TvE/s1600/art-Belitung-Island-620x349.jpg

       Pulau indah, pemandangan unik pantai pasir putih asli dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil.Tempat ini juga banyak pengunjungnya loh.Siapa sih yang kaga mau liat keindahan-keindahan yang ada disana.Buat pecinta diving atau olahraga menyelam ada satu lokasi yang sudah sangat terkenal dan sering dikunjungi penyelam dunia yaitu Kepulauan Raja Ampat. Raja Ampat adalah gugusan kepulauan yang lokasinya berada di daerah sebelah barat pulau Papua. Lebih


tepatnya Raja Ampat ini berada di bagian kepala burung Papua. Raja Ampat sering menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFOdptIQ4M_R-m6fk_kiiEuqEsSPNnWI4IL4DWbE0PLnMCfuNaJ9FP5N2rxKl4KNtbIiyB5-WB40kPljHsQJe0mPs0ZbpHeoesNgG7WZYaLaLK7TQQQIGDOKSUbpU67E2sKFXvwp-FgFs/s1600/pulau-komodo.jpg

       Berkunjung ke Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo (TN bisa jadi pilihan menarik buat wisatawan yang ingin menyaksikan secara dekat hewan yang hanya ada di Indonesia ini. Disini terdapat habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil hewan purba yang masih tersisa di bumi.Binatang tersebut juga dilindungi kok.Bagi kalian yang benar-benar ingin melihatnya,kalo bisa jangan terlalu dekat juga,apalagi sampe mengganggunya.Bisa-bisa kalian dilahap hidup-hidup.





Dreamland Beach, Bali Island ( Indonesia )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-6MfWyQIFtEN1X7K-mwa8wBpUtUA-juy7FZpV-A7PFj9k41X4jyjuvSZI7HPD9gj7nDOG4AxZ6mMKG5uOguoFknnOBnJ3WBVOAzRfOi9qvOOiyLMomnmuHGXJ6_DsmL3gO66h2zW6nhE/s1600/Dreamland-Beach-Bali.jpg

       Dreamland atau lebih dikenal sebagai Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai terindah di Bali selain Pantai Kuta. Pantai yang terletak tidak jauh dari daerah Uluwatu di Pulau Dewata ini sudah sangat terkenal karena keindahannya. Keindahan dan kebersihan pantai menambah daya tarik pengunjung, bukan hanya dari dalam negri saja,bahkan orang-orang turis dari manca negara juga banyak kok yang berkunjung ketempat ini.

Kalisuci Cave,Jogjakarta ( Indonesia)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiqaJ7a7Dc6YbG0wi4MNM52081RgtLscLNC1hgm7bof_vBQqa3vWo52JcVVr4xqvrpJ3RmU1Fn-pwt9yLBlUA_y4kNIHHfTd9Uj7WMVeuuw7RGlP8hyvvLcBZuzTGffhJvKPQqGvaB6Xw/s1600/cave-tubing-kalisuci-gunung-kidul.jpg

   
   Sungai bawah tanah yang mengalir di bawah barisan pegunungan kapur yang bermuara di laut selatan pulau Jawa.Merupakan salah satu dari tiga pusat wisata petualangan cave tubing yang ada di dunia, setelah Meksiko dan Selandia Baru.















Daftar Pustaka








































TULISAN II



Contoh cerpen yang berkaitan dengan hubungan manusia dan cinta kasih :

Seorang wanita yang betul betul mendamba…. seorang yang bisa ia cintai…..
tiba tiba ia betul betul mendapatkannya..
hubungan yang tak terduga sebelumnya…
inspirasi..motivasi ada dalam diri si wanita..
sumber yang tak diduga berasal dari diri kekasihnya…
akhirnya cinta pun semakin mendalam menyertainya..menyertai hidupnya….
jumpa pun berlanjut diantyara mereka….
kebahagiaan pun kulihat diantara wanita dan kekasihnya itu….
tapi suatu waktu…
aku melihat kejanggalan diantara hubungan yang mereka jalin
tak seperti yang kulihat sebelumnya…
tak begitu lama..mereka seperti dua hati yang terbelah…
perbedaan mulai muncul disaat menyamakan tujuan mereka lakukan….
tangis pun sering kudengar dari mulut, mata dan hati wanita itu…
memang sepihak aku melihat…
hanya dari sisi wanita bukan sipria kekasihnya…
akhirnya aku ketahui bahwa hubungan mereka terjalin dari kesalahpahaman dan rasa tak enak semata….
ternyata sipria selama ini menganggap dia adik semata…
seperti halnya sipria itu menganggap adiknya sendiri, ya Tuhan…..
tapi si wanita memang tak menduga sebelumnya…
karena yang ia rasakan lain dihatinya
bukan sekadar kakak buat dia….
sikap, cara dan gelegat yang sipria perlihatkan sudah melebihi seorang kakak….
entah dari sudut mana si wanita mengartikan semua tentang sipria itu….
kurasa wanita banyak benarnya mengenai perasaan…
karena aku juga seorang wanita…
kesalahan itu juga berada pada ketidakberanian sang pria akan kejujuran dirinya…
kenapa awal dulu si pria tidak bilang kalo dia menganggap sang wanita sebagai adik semata tidak lebih…..
yang terjadi memang berat bagi hati yang mencinta ini….
kini hubungan yang mereka jalin terkatung katung dan kuyakin akan retak…
karena hubungan mereka tidak terlandas dengan baik…







Contoh lagu yang berkaitan dengan hubungan manusia dan keindahan :


Perjalanan iniTrasa sangat menyedihkanSayang engkau tak dudukDisampingku kawan
Banyak ceritaYang mestinya kau saksikanDi tanah kering bebatuan
Tubuhku terguncangDihempas batu jalananHati tergetar menatapkering rerumputan
Perjalanan ini punSeperti jadi saksiGembala kecilMenangis sedih ...
Kawan coba dengar apa jawabnyaKetika di kutanya mengapaBapak ibunya tlah lama matiDitelan bencana tanah ini
Sesampainya di lautKukabarkan semuanyaKepada karang kepada ombakKepada matahari
Tetapi semua diamTetapi semua bisuTinggal aku sendiriTerpaku menatap langit
Barangkali di sanaada jawabnyaMengapa di tanahku terjadi bencana
Mungkin Tuhan mulai bosanMelihat tingkah kitaYang selalu salah dan banggadengan dosa-dosaAtau alam mulai engganBersahabat dengan kitaCoba kita bertanya padaRumput yang bergoyang






































DAFTAR PUSTAKA















0 komentar:

Posting Komentar